RB BMKG
Reformasi Birokrasi BMKG
Gambaran Umum
Area Perubahan
Tim RB BMKG
Dokumen RB BMKG
Perubahan Budaya
Inovasi
Program Strategis
Daftar Inovasi
Penghargaan
Monitoring dan Evaluasi
Capaian Roadmap
Hasil Survey
Login
Capaian Kedeputian Meteorologi 2023
Manajemen Perubahan
Peningkatan Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi
Pengembangan dan Penguatan nilai-nilai untuk meningkatkan komitmen dan implementasi perubahan (reform)
Penguatan nilai integritas
Pengembangan dan Penguatan peran agen perubahan dan role model
Pengembangan budaya kerja dan cara kerja yang adaptif
Penataan Peraturan Perundang-Undangan
Melakukan identifikasi dan pemetaan regulasi lingkup IP (menghilangkan overlapping peraturan)
Deregulasi aturan yang menghambat birokrasi
Penguatan Sistem Regulasi Nasional di lingkup IP
Melakukan perencanaan kebijakan yang meliputi agenda setting dan formulasi kebijakan
Melakukan evaluasi kemanfaatan kebijakan yang telah disusun
Penataan dan Penguatan Organisasi
Restrukturisasi (penyederhanaan) kelembagaan IP berdasarkan hasil asesment;
Membentuk struktur organisasi yang tepat fungsi.
Evaluasi Kelembagaan dilakukan untuk menilai kesesuaian struktur organisasi dengan kondisi terkini
Penataan Tata Laksana
Pengembangan proses bisnis instansi dan unit.
Penyelarasan Proses bisnis dan SOP.
Penerapan Tata Kelola SPBE.
Penerapan Manajemen SPBE.
Penerapan layanan SPBE.
Mengintegrasikan pemanfaatan IT dalam tata kelola pemerintahan.
Melakukan pengelolaan arsip sesuai aturan.
Mengimplementasik an digitalisasi arsip.
Penguatan implementasi keterbukaan informasi publik.
Penataan Sumber Daya Manusia
Jumlah pegawai yang dibutuhkan berdasarkan hasil analisis perhitungan kebutuhan pegawai
Penerapan kebijakan peta jabatan dan penetapan formasi
Penyusunan rencana pengembangan kompetensi individu sesuai dengan kebutuhan dan pemenuhan standar kompetensi
Penetapan ukuran kinerja individu;
Penerapan kebijakan dan peraturan disiplin dan kode etik
Penguatan implementasi Reward and Punishment Berdasarkan kinerja;
Assessment Pegawai
Penguatan Akuntabilitas Kerja
Penguatan keterlibatan pimpinan dan seluruh penanggung jawab dalam perencanaan kinerja, monitoring dan evaluasi kinerja, serta pelaporan kinerja
Melakukan perencanaan terintegrasi dan perencanaan yang lintas sector (collaborative and crosscutting)
Peningkatan kualitas penyelarasan kinerja unit kepada kinerja organisasi (goal and strategy cascade)
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja secara berkala
Pengembangan dan pengintegrasian sistem informasi kinerja, perencanaan, dan penganggaran
Penguatan implementasi value for money dalam rangka merealisasikan anggaran berbasis kinerja
Penguatan Pengawasan
Penguatan pengendalian gratifikasi
Pelaksanaan pemantauan whistleblowing system
Pembangunan unit kerja Zona Integritas Menuju WBK/WBBM;
Melakukan monitoring Kepatuhan
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Melakukan penguatan implementasi kebijakan bidang pelayanan publik (Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, SKM)
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pelayanan publik secara berkala
Penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan inovasi pelayanan publik dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik
Pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara terpadu, tuntas dan berkelanjutan dalam rangka memberikan akses kepada publik dalam mendapatkan pelayanan yang baik
← Kembali ke Semua Capaian