RB BMKG
Reformasi Birokrasi BMKG
Gambaran Umum
Area Perubahan
Tim RB BMKG
Dokumen RB BMKG
Perubahan Budaya
Inovasi
Program Strategis
Daftar Inovasi
Penghargaan
Monitoring dan Evaluasi
Capaian Roadmap
Hasil Survey
Login
Capaian Kedeputian Klimatologi 2023
Manajemen Perubahan
Peningkatan Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi
Pengembangan dan Penguatan nilai-nilai untuk meningkatkan komitmen dan implementasi perubahan (reform)
Penguatan Nilai Integritas
Pengembangan dan Penguatan peran agen perubahan dan role model
Pengembangan budaya kerja dan cara kerja yang adaptif
Penataan Peraturan Perundang-Undangan
Melakukan identifikasi dan pemetaan regulasi lingkup IP (menghilangkan overlapping peraturan);
Melakukan deregulasi aturan yang menghambat birokrasi
Penataan dan Penguatan Organisasi
Melakukan Assessment Berbasis Kinerja
Melakukan Evaluasi Kelembagaan
Penataan Tata Laksana
Pengembangan proses bisnis instansi dan unit;
Penyelarasan Proses bisnis dan SOP;
Penerapan Tata Kelola SPBE
Penerapan Manajemen SPBE
Penerapan layanan SPBE
Mengintegrasikan pemanfaatan IT dalam tata kelola pemerintahan;
Implementasi Manajemen Kearsipan Modern dan Handal (dari manual ke digital);
Melakukan pengelolaan arsip sesuai aturan;
Mengimplementasikan digitalisasi arsip;
Melakukan pengelolaan keuangan secara tepat dan sesuai aturan;
Melakukan pengelolaan atas aset sesuai dengan kaedah dan aturan yang berlaku.
Penataan Sumber Daya Manusia
Merencanakan kebutuhan pegawai berdasarkan analisis perhitungan kebutuhan pegawai
Penguatan Akuntabilitas Kerja
Penguatan keterlibatan pimpinan dan seluruh penanggung jawab dalam perencanaan kinerja, monitoring dan evaluasi kinerja, serta pelaporan kinerja;
Melakukan perencanaan terintegrasi dan perencanaan yang lintas sektor (collaborative and crosscutting);
Peningkatan kualitas penyelarasan kinerja unit kepada kinerja organisasi (goal and strategy cascade);
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja secara berkala;
Pengembangan dan pengintegrasian sistem informasi kinerja, perencanaan, dan penganggaran;
Penguatan implementasi value for money dalam rangka merealisasikan anggaran berbasis kinerja;
Penguatan Pengawasan
Penguatan pengendalian gratifikasi;
Melakukan Penguatan implementasi SPIP di seluruh bagian organisasi;
Penguatan efektivitas manajemen risiko;
Penguatan penanganan pengaduan dan komplain;
Pelaksanaan pemantauan whistleblowing system;
Pelaksanaan pemantauan benturan kepentingan;
Pembangunan unit kerja Zona Integritas Menuju WBK/WBBM;
Meningkatkan Kompetensi APIP;
Pemenuhan Rasio APIP (pemenuhan jumlah ideal aparatur pengawas);
Melakukan pengelolaan dan akuntabilitas keuangan sesuai kaedah dan aturan yang berlaku;
Melakukan monitoring Kepatuhan
Melakukan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sesuai aturan;
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Melakukan penguatan implementasi kebijakan bidang pelayanan publik (Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, SKM)
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi Pelaksanaan kebijakan pelayanan publik informasi iklim dan kualitas udara secara berkala.
Penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan inovasi pelayanan informasi iklim dan kualitas udara dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik;
Pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara terpadu, tuntas dan berkelanjutan dalam rangka memberikan akses kepada publik dalam mendapatkan pelayanan iklim dan kualitas udara yang lebih baik;
Pengukuran indeks kepuasan masyarakat secara berkala;
Meningkatkan tindak lanjut dari Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap layanan informasi iklim dan Kualitas udara.
Peningkatan pelayanan publik berbasis elektronik dan internet dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah, murah, cepat, dan terjangkau.
Pengembangan sistem pelayanan dengan mengintegrasikan pelayanan pusat, daerah dan bisnis dalam Mal Pelayanan Publik;
Pengembangan dan pengintegrasian sistem informasi pelayanan publik dalam rangka peningkatan akses publik dalam memperoleh informasi dan pelayanan;
← Kembali ke Semua Capaian